Sabtu, 16 April 2016

KAPAL SELAM JEPANG



Setelah Insiden Berdarah, 
Kapal Selam Jepang Akhirnya Masuki Australia


Ilustrasi: Kapal Selam Jepang Soryu Class
SYDNEY – Untuk pertama kalinya, kapal selam Jepang memasuki Pelabuhan Sydney sejak terjadi Perang Dunia II. Saat itu, terjadi insiden berdarah antara kedua angkatan laut yang menewaskan puluhan tentara Australia.
     Kapal selam bernama JS Hakuryu itu berlayar diiringi oleh dua kapal perang lainnya yaitu JS Umigiri serta JS Asayuki dan kapal angkatan laut Australia HMAS Ballarat sekira pukul 11 pagi, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Jumat (15/4/2016).
     Kedatangan kapal perang Jepang ke Pelabuhan Sydney adalah kejadian yang pertama kalinya sejak 1942. Selama ini diketahui, hubungan antara Jepang dan Australia sempat memanas. Tiga kapal selam mini Jepang menyelinap ke pelabuhan dan menyerang kapal Australia. Hal ini menyebabkan 21 pelaut Australia meninggal dunia.
     Kapal-kapal Jepang tersebut ikut ambil bagian dalam latihan perang Nichi Gou Trident dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Australia yang diadakan 15-26 April 2016.Latihan yang telah dilakukan sejak 2009 merupakan kesempatan yang baik bagi kedua Jepang dan Australia untuk mengembangkan dan meningkatkan hubungan bilateral angkatan laut dengan melatih keterampilan maritim.
     Selain itu, kegiatan ini merupakan kesempatan emas bagi Jepang untuk memamerkan teknologi canggih kapal selam kelas Soryu mereka. Apalagi, Jepang diketahui tengah bersaing dengan Perancis dan Jerman untuk memenangkan kontrak sebesar USD50 miliar untuk membangun 12 kapal selam baru untuk Australia. Pengumuman pemenang kontrak akan dilakukan pada tahun ini oleh Pemerintah Australia.

sumber: news.okezone

Tidak ada komentar: