Jumat, 16 November 2012

KURIKULUM 2013

Sekilas Tentang Kurikulum 2013

Dalam dunia pendidikan sudah tidak asing lagi jika kurikulum selalu dirubah dengan tujuan beragam dan maksud yang barangkali sama. Baiknya kurikulum untuk sementara waktu memang tidak tampak ketercapaiannya semuanya berlangsung biasa-biasa saja tanpa meninggalkan bekas kenangan yang dapat dinikmati hingga kini.

Penghujung tahun 2013 kurikulum baru mulai disosialisasikan, secara keseluruhan pemerintah akan merubah kurikulum lama dengan kurikulum baru yang ditekankan pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis tes dan portofolio yang saling melengkapi, harapanya di tahun-tahun berikutnya siswa tidak lagi banyak menghafal dan diharapkan tercapainya kompetensi berimbang antara sikap, keterampilan, pengetahuan yang diimbangi dengan pembelajaran yang menyenangkan.

Untuk tingkat SD dari 10 mata pelajaran akan diringkas menjadi 7 mata pelajaran yang terdiri dari pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, seni budaya dan prakarya, pendidikan jasmani, serta Pramuka. Pramuka nantinya menjadi mata pelajaran wajib yang harus ada di mata pelajaran.

Salah satu ciri kurikulum 2013 khususnya untuk SD bersifat tematik integratif, dalam pendekatan ini mata pelajaran IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua pelajaran yaitu dua mata pelajaran tersebut diintegrasikan ke semua mata pelajaran. IPA menjadi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika sedangkan IPS menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).


Tidak ada komentar: