Minggu, 30 September 2012

PENDIDIKAN

Kurikulum Baru, IPA-IPS Dihapus

Dua pelajaran di bangku Sekolah Dasar (SD) yang diajarkan mulai kelas satu yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebentar lagi akan menjadi kenangan hal ini disebabkan pada kurikulum baru yang diberlakukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)'pada tahun ajaran 2013/2014 dua mata pelajaran tersebut dihapus atau digabung dengan pelajaran lain.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Khairil Anwar digedung Kemendikbud Jakarta, tanggal 27 September. Dia mengatakan, dari hasil diskusi di kementerian, pelajaran di sekolah tingkat dasar lebih ditekankan kepada bagaimana membentuk anak yang disiplin, jujur, dan bersih.

Perubahan ini terkait dengan revisi kurikulum pendidikan nasional yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman. Penghapusan dua mata pelajaran itu juga sebagai akibat pengurangan jam belajar. Mata pelajaran yang nantinya diberikan pada pelajar SD adalah pelajaran agama, pendidikan kewarganegaraan (PKn), Pancasila, bahasa Indonesia, dan matematika dasar saja. Penyederhanaan mata pelajaran ini tetap disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD).
(sumber: Jawa Pos, Jumat 28 September 2012)

Tidak ada komentar: