Senin, 07 Februari 2011

AGAR HIDUP SEMAKIN BERKAH

Jika hidup kita barokah, maka hilanglah semua masalah. Hidup terasa sangat mudah dan menyenangkan. Tapi bagaimana caranya? Berikut nasehat Rasulullah SAW.


Bisa jadi saat ini kita berada di puncak kesuksesan, harta melimpah ternyata menyebabkan seperti tiada artinya, hidup selalu gelisah dan semakin jauh dengan Allah. Itulah indikasi bahwasanya hidup kita tidak barokah. Bagaimana kita mengembalikan keberkahan hidup? Berikut nasehat para ulama:

•TETAP BERSYUKUR
Allah berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 147 “ Mengapa Allah akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Alloh adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui!
Ayat diatas adalah jaminan bagi kita, bahwa Dia tidak akan menurunkan bencana dan musibah selama kita senatiasa bersyukur terhadap nikmat yang telah dianugerahkan-Nya.
Karenanya marilah kita tingkatkan syukur kepada Alloh atas Nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya.

•JAUHI DOSA
Jika musibah dan kesulitan hidup dating maka yang harus kita lihat adalah dosa apa yang pernah kita lakukan? Sebab ada kolerasi yang kuat antara dosa dan barokah.Menjauhi dosa adalah harga mati untuk menyambut datangnya kembali barokah Alloh.

•DOA DAN USAHA

Tugas kita manusia adalah berusaha dan tawakal. Dalam segala aspek apapun dikehidupan ini sukses dan tidaknya kerja keras kita adalah Alloh yang menentukan. Tawakal bukan berarti seseorang pasrah tanpa mau berusaha. Tapi, pasarah ( kepada Alloh )setelah usaha.

•SABAR

Bila setelah berusaha dan berdoa barokah tidak kunjung melimpah kita tidak boleh berkecil hati. Bila kita orang yang peka dan sensitive imanya, teguran Alloh ini sudah lebih dari cukup untuk menyadarkan kita. Rasul SAW bersabda : “ Tak satupun yang menimpa seorang mukmin, baik berupa kepayahan, sakit, sedih, susah, atau perasaan murung, bahkan duri yang mengenai dirinya, kecuali Alloh akan melebur kesalahan-kesalahannya lantaran kesusahan-kesusahan tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Salah satu kunci keberkahan hidup adalah menjauhi maksiat dan kemunkaran. Untuk itu mari kita memohon kepada Alloh dengan doa “Allohuma inii as-aluka fi’lal khaairaati wa tarkal munkaraati wa hubbal masaakiini wa an taghfiralii wa tarhamnii wa idza aradta an taquuma fitnatun wa tawafani ilaika wa ana ghairu maftuunin”
Artinya: ”Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar senantiasa mengherjakan kebaikan, meninggalkan kemungkaran, mencintai orang-orang miskin dan hendaklah Engkau mengampuni dosaku serta menyayangi aku. Sekiranya Engkau menurunkan bencana, maka matikanlah aku kemb ali kepada-Mu, sedangkan aku tidak terkena bencana itu” (HR. Hakim)

1 komentar:

hendot mengatakan...

keberkahan hidup kan terasa bila kita selalu meniatkan setiap aktifitas untuk mencari ridho Alloh
kunjungi jg bahan bacaan saya :
jurnal ekonomi andalas